Kesenian suku sasak Lombok

1. Begasingan, Begasingan ini merupakan permainan lama suku sasak. Mungkin disebagian wilayah di Indonesia juga mengenal permainan ini.

Tapi begasingan suku sasak ini berbeda dengan wilayah lain. Bukan hanya bentuk tetapi juga aturan mainnya. Biasanya gangsing yang lebih besar akan dipakai untuk menghantam gangsing yang lebih kecil.

2. Slober, Slober adalah alat musik tradisional lama suku sasak Lombok yang unik dan kecil. Alat musik ini dibuat dari pelapah enau.

Ketika ia dimainkan biasanya akan diiringi dengan alat musik lain seperti seruling, gendang dll. Kesenian ini masih bisa kita nikmati sampai saat ini.

3. Gendang beleq, alat musik berupa gendang yang besar. Biasanya dimainkan untuk mengiringi alat music. Konon gendang beleq ini dimainkan ketika prajurit akan pergi untuk berperang sebagai penyemangat atau ketika pesta besar dilaksanakan.

4. Tandang mendet, Tandang mendet adalah sebuah tarian tradisional yang menggambarkan kegagahan dan perjuangan. Tarian ini akan dibawakan belasan orang dengan perlengkapan perang seperti pedang, tombak dan tameng.

Mereka menari sambil diiringi alat musik gendang beleq dan pembacaan puisi perjuangan. Demikian beberapa adat istiadat, tradisi dan kesenian yang dimiliki masyarakat suku sasak.

 

Kebudayaan yang dimiliki suku sasak Lombok memang beragam dan unik. Kebudayaan yang masih kental ini mencuri perhatian banyak orang bahkan sampai ke manca Negara. Sungguh menarik bukan suku sasak ini?

Share this post